Home / UNIVERSITAS / SEMINAR / STIM SURAKARTA ADAKAN PELATIHAN TOAFL UNTUK TINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB MAHASISWA

STIM SURAKARTA ADAKAN PELATIHAN TOAFL UNTUK TINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB MAHASISWA

SUKOHARJO_STIM SURAKARTA
STIM Surakarta kembali menyelenggarakan pelatihan TOAFL (Test Of Arabic as a Foreign Language) tahun 2022 yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 7. Pelaksanaan pelatihan TOAFL dilaksanakan 2 gelombang yakni pada tanggal 20 Oktober 2022 dan 22 Oktober 2022.

Koordinator pelatihan TOAFL yang juga ketua Program Studi PBA STIM Surakarta Anis Budiriyanto, M.Pd. menaruh harapan agar mahasiswa dapat memaksimalkan dengan baik untuk mencapai target kelulusan dalam menguasai bahasa Arab dan juga program yang dicanangkan oleh kampus STIM Surakarta.

“Kita siapkan fasilitas untuk mahasiswa meningkatkan Bahasa Arab dan program lainnya, kita ingin fasilitas ini tidak dijadikan beban, “ujarnya. Pada Tahun 2022 ini, Sekretaris TOAFL adalah Lady Eka Rahmawati Lc. M.Th.I. Ketua STIM Surakarta Sudarmadi Putra, M.Ud.menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan TOAFL ini merupakan salah satu program dari program Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta sudah kita terapkan sejak tiga tahun yang lalu, dan program ini menjadi syarat bagi mahasiswa yang akan mengikuti ujian Skripsi dalam bentuk sertifikat dengan skor yang ditentukan.

Ketua panitia program SKL Dr. Budi Harjo, M.Pd. memiliki harapan kelak program SKL ini menjadi sebuah lembaga penyelenggara TOAFL berpengalaman, terutama bagi peserta di luar STIM Surakarta.  Sebagaimana yang telah diketahui bahwa STIM Surakarta guna menjamin mutu kelulusan, maka pimpinan mewajibkan bagi mahasiswa yang akan mengikuti ujian skripsi untuk mengikuti program pelatihan TOAFL, program TOEFL, program ICT dan program Khitobah Mimbariyah.

TOAFL digunakan untuk menguji kemahiran kemampuan berbahasa Arab dalam kontek akademik. Terdapat tiga kemahiran yang diujikan yaitu pertama, maharatul istima` untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam memahami percakapan Bahasa Arab dalam kontek akademik. Kedua, qowaid untuk menguji kemampuan mahasiswa dalam memahami struktur kalimat dan penggunaan qawaid yang baik. Ketiga, mahara qiro`at untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam membaca dan memahami teks akademik dalam Bahasa Arab.

Di STIM Surakarta memiliki sertifikat kelulusan TOAFL, TOEFL, ICT, dan Khitobah Mimbariyah syarat wajib bagi mahasiswa tingkat akhir untuk maju pada ujian akademik berikutnya yaitu ujian skripsi.

About admin

Check Also

WORKSHOP DESAIN PEMBELAJARAN PERGURUAN TINGGI DAY 1

Day 1: Pengantar KKNI, SNPT, Prodi dan MK Kamis, 27 Oktober 2022, STIM Surakarta menyelenggarakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://sshj.in/public/slot-deposit-dana/https://mbmscience.com/public/slot88/situs slot gacorhttps://peshawarhighcourt.gov.pk/slot-gacor/https://www.doutoresdoexcel.com.br/-/slot-gacor/https://mccm.ptcer.pl/slot-demo/https://academconsult.ru/slot-gacor/https://nje.org.na/slot-deposit-dana/https://journals.tma.uz/slot-gacor/https://muru.com.co/slot-deposit-pulsa/https://coresdaterra.com.br/slot-gacor/https://sasurie.com/slot-gacor/https://thejrns.org/slot-gacor/http://a0729171.xsph.ru/https://zombiigrice.com/slot-gacor/https://ijohmn.com/public/slot-gacor/https://www.kuhoo.com/wp-content/uploads/slot-deposit-dana/http://clc.cet.edu/judi-bola/https://www.ijmaberjournal.org/slot-gacor/https://ijorces.org/slot-gacor/https://virtusclean.com/slot-online/https://modernacademy-journal.synceg.net/slot-gacor/https://artescienza.org/wp-content/uploads/slot-gacor/https://journal.icter.org/public/slot-gacor/https://rumosdainformacao.ivc.br/5unsur3/https://dailyexpresstop.com/https://livepublicnews.com/