Home / Profil STIM

Profil STIM

Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin Ngruki Cemani Sukoharjo merupakan salah satu Perguruan Tinggi PTA Islam Swasta di indonesia yang berbentuk Sekolah Tinggi, dikelola oleh Kementerian Agama dan termasuk kedalam kopertis wilayah Ditjen Pendidikan Islam. Kampus ini telah beridiri sejak 27 Januari 2012 dengan Nomor SK PT Dj.I/149/2012 dan Tanggal SK PT 27 Januari 2012 , Sekolah Tinggi ini beralamat di Ngruki, Cemani, Sukoharjo, Jawa Tengah, kabupaten/kota Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Alamat Lengkap :
Alamat : Jl. Parangkesit, Ngruki, Cemani, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kodepos : 57552
Kota : Kab. Sukoharjo – Prop. Jawa Tengah – Indonesia
Provinsi : Jawa Tengah
Kontak : (0271) 7882023
Whatsapp : 081329549668
FAX : (0271) 7882023
Email : almukmin.stim@yahoo.com
Website : www.stimsurakarta.ac.id
Provinsi : Jawa Tengah
Lembaga : Kementerian Agama
Status : Sekolah Tinggi PTA Islam Swasta

Didirikan sebagai kelanjutan dari perguruan tinggi pesantren “Al-Ma’had Al-Aly Al-Mukmin” yang menkhususkan pada studi Islam (Dirosat Al-Islamiyyah). Ma’had Aly Al-Mukmin didirikan pada tahun 1985 sebagai lembaga pendidikan Pesantren tingkat Perguruan Tinggi dari tahun 1985 hingga tahun 2012, Dalam rangka merespon dinamika pendidikan dan sosial-budaya masyarakat, maka pada tahun 2012 Ma’had Aly Al-Mukmin kemudian dikembangkan menjadi STIM Surakarta. Diharapkan dimasa yang akan datang, STIM Surakarta bias menjadi embrio Universitas Islam Terkemuka di Indonesia yang berbasis pada Pondok Pesantren.

Ada tiga kondisi obyektif yang mendorong keluarga besar al-Mukmin ingin mendirikan perguruan tinggi yaitu:
Pertama, adanya keiinginan kuat untuk mengembangkan institusi pendidikan di lingkungan pesantren yang bisa menghasilkan mutafaqih fi ad-din (kader yang mendalamilmuagamanya), ulama’ amilin fi sabilillah, profesional dan berakhlakul karimah.

Kedua, adanya dorongan mendasar untuk melakukan peningkatan sumber daya umat yang unggul dan kompetitif yang mampu menjadi agen perubahan masyarakat dalam berbagai aspek pada era kompetisi global.

Ketiga, adanya dukungan banyak pihak, terutama alumni dan tokoh-tokoh Islam di Wilayah Surakarta untuk mewujudkan lembaga pendidikan tinggi yang berbasis pesantren sebagai lanjutan bagi kader-kader alumni Kulliyatul Mu’alimin/Mu’alimat, Madrasah Aliyah/SMA/SMK, Diniyah Ulya Formal, Pesantren Mu’adalah, Paket C dan sederajat.

Menurut Data yang didapat dari Dikti, Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin Ngruki Cemani Sukoharjo Memiliki Dosen sebanyak 4 Orang dan Mahasiswa sebanyak 17 Orang. Berdiri pada 27 Januari 2012 Dengan Nomor SK Dj.I/149/2012 Tanggal 27 Januari 2012

List Jurusan di Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin Ngruki Cemani Sukoharjo

Nama Program Studi Jenjang Status
Nama Program Studi Jenjang Status
Pendidikan Bahasa Arab S1 Aktif