Home / KEGIATAN MAHASISWA / BEM / SOSIALISASI SKL DAN SERAH TERIMA BEM Periode 2022-2023

SOSIALISASI SKL DAN SERAH TERIMA BEM Periode 2022-2023

Prodi Bahasa Arab Sekolah Tinggi Islam al-Mukmin Surakarta menyelenggarakan kegiatan sosialisasi “Standar Kompetensi Lulusan (SKL)” sekaligus Serah Terima Amanah dan Pelantikan Kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Periode 2022-2023 pada hari Jum’at, 14 Oktober 2022 bertempat di Masjid Fauziyah komplek Kampus STIM Surakarta.

Kegiatan Sosialisasi SKL dimulai pada pukul 14.00 WIB. Master Ceremony, saudara Saifuddin Zuhri sebagai perwakilan dari mahasiswa semester VII sekaligus BEM membuka kegiatan dengan basmalah. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Koordinator Pelaksana SKL Ustadz Dr. Budi Harjo M.Pd., yang menjelaskan terkait ujian yang menjadi standar kompetensi lulusan para mahasiswa STIM Surakarta. Ujian SKL ini bersifat wajib bagi para mahasiswa sebagai syarat untuk mengajukan proposal skripsi.

Adapun materi ujian SKL terdiri dari empat komponen test, yaitu: TOEFL (Test of English as Foreign Language), TOAFL (Test of Arabic as Foreign Language), ICT (Information and Communication Technology) dan Khitobah Mimbariyah. Pada setiap test mahasiswa akan memperoleh sertifikat yang nantinya akan sangat membantu dalam proses pengajuan skripsi maupun ketika menjelajahi dunia kerja. Test SKL ini akan dimulai pada tanggal 17 Oktober 2022 sampai 29 Oktober 2022.

Para pengampu test SKL mensosialisasikan materi yang akan diujikan kepada para mahasiswa. Pengampu TOEFL Ustadz Warsito M.P.I menjelaskan terkait proses ujian TOEFL sebagai alat untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris mahasiswa dan sebagai standar minimum yang harus dikuasai mahasiswa di semua jenjang Perguruan Tinggi di Indonesia. Soal Toefl yang akan diujikan: listening berjumlah 30 soal, grammar dan writing 30 soal. reading 20 soal. Dikerjakan secara digital melalui google form dalam durasi waktu 90 menit dan nilai minimal yang harus dikuasai berjumlah 400 score.

Pengampu TOAFL Ustadz Anis Budiriyanto Lc., M.Pd dan Ustadzah Lady Eka Rahmawati Lc., M.Th.I mensosialisasikan pengertian TOAFL yang dalam bahasa Arabnya disebut al-Ikhtibarat fi al-Lughah al-Arabiyyah Li Ghairi al-Arab/ Li Ghairi Nathiqina Biha. Tujuan Test berbahasa Arab ini diantaranya:

  1. Menumbuhkan kesadaran peserta akan signifikansi bahasa Arab sebagai media utama studi Islam,
  2. Memberdayakan kemampuan memahami bahasa Arab bagi para peserta studi Islam,
  3. Meningkatkan penguasaan dan keterampilan Bahasa Arab dan
  4. Sebagai salah satu syarat bagi Mahasiswa PBA STIM Surakarta untuk
    mengajukan proposal Skripsi.

Adapun jumlah soal TOAFL yang akan diujikan:

  • fahmul masmu’ 10 soal,
  • fahmul maqru’ 20 soal,
  • qawa’id al-lughah 10 soal,
  • dan ta’bir atau insya’.

Kegiatan diistirahatkan menjelang waktu sholat ashar. Kemudian dilanjutkan kembali dengan presentasi dari pengampu Test Khitobah Mimbariyah Ustadz Joko Arianto M.Pd., dan Ustadzah Triani M.Pd. Para mahasiswa diminta untuk membuat teks khitobah (pidato) dalam bahasa Arab sesuai dengan tema-tema yang telah ditentukan kemudian pada waktu pelaksanaan dipresentasikan di depan penguji dan mahasiswa lainnya.

Acara berikutnya adalah Serah Terima Amanah dan Pelantikan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Ketua STIM Surakarta Ustadz Sudarmadi Putra M.Ud., memberikan kata sambutan kepada para hadirin. Dilanjutkan Wakil Ketua II Ustadz Dr. M. Fajar Shodiq M.Ag membacakan SK Pelantikan Kepengurusan BEM Periode 2022-2023.

Ketua BEM periode 2021-2022 saudara Azzam menyerahkan laporan pertanggungjawaban kinerja para pengurus kepada Wakil Ketua II Dr. M. Fajar Shodiq M.Ag. Selanjutnya Dr. Fajar menerima LPJ tersebut dan mengapresiasi kinerja para pengurus BEM yang telah berusaha semaksimal mungkin menjalankan amanah yang telah diberikan.

Saudara Azzam memberikan kata terakhirnya sebagai Ketua BEM lama. Dilanjutkan sambutan Ketua BEM baru yaitu saudara Ismail, mahasiswa PBA STIM Surakarta Semester Lima. Selamat kepada Ketua BEM STIM Surakarta Periode 2022-2023. Semoga dapat mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya dan mampu menahkodai kepengurusan organisasi eksekutif mahasiswa supaya semakin giat menapak maju, berkembang, dan semakin produktif dalam berkarya.

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://sshj.in/public/slot-deposit-dana/https://mbmscience.com/public/slot88/situs slot gacorhttps://peshawarhighcourt.gov.pk/slot-gacor/https://www.doutoresdoexcel.com.br/-/slot-gacor/https://mccm.ptcer.pl/slot-demo/https://academconsult.ru/slot-gacor/https://nje.org.na/slot-deposit-dana/https://journals.tma.uz/slot-gacor/https://muru.com.co/slot-deposit-pulsa/https://coresdaterra.com.br/slot-gacor/https://sasurie.com/slot-gacor/https://thejrns.org/slot-gacor/http://a0729171.xsph.ru/https://zombiigrice.com/slot-gacor/https://ijohmn.com/public/slot-gacor/https://www.kuhoo.com/wp-content/uploads/slot-deposit-dana/http://clc.cet.edu/judi-bola/https://www.ijmaberjournal.org/slot-gacor/https://ijorces.org/slot-gacor/https://virtusclean.com/slot-online/https://modernacademy-journal.synceg.net/slot-gacor/https://artescienza.org/wp-content/uploads/slot-gacor/https://journal.icter.org/public/slot-gacor/https://rumosdainformacao.ivc.br/5unsur3/https://dailyexpresstop.com/https://livepublicnews.com/