Blog
STIM SURAKARTA HADIRI RAKERNAS PPPBA & SEMILOKA DI BATU MALANG JAWA TIMUR
- 26 August 2022
- Posted by: ADMIN IT
- Category: Informasi Kampus
Oleh: Anis Budiriyanto, Lc., M.Pd.
NIDN. 2109117101
Ketua STIM Surakarta Sudarmadi Putra, M.Ud. Mengutus 2 orang staffnya, (1) Kaprodi PBA Anis Budiriyanto, Lc., M.Pd. (2) Ketua LP3M Dr. Budiharjo, M.Pd. sebagai perwakilan Perguruan Tinggi STIM Surakarta untuk menghadiri RAKERNAS PPPBA & SEMILOKA di El-Hotel Kartika Wijaya Batu Jl. Panglima Sudirman no. 127 Pesanggrahan Batu, Malang Jawa Timur. Undangan mengikuti Rapat Kerja Nasional PPPBA Indonesia dan Semiloka tentang Best Practice Kurikulum PBA berbasis MBKM, Bedah Instrumen APS Lamdik, dan Akreditasi Internasional (AQAS). Undangan tersebut tertuang dalam surat PPPBA Indonesia no. 59/PPPBA/KU/VIII/2022 ditujukan kepada Ketua Prodi PBA STIM Surakarta, yang ditanda tangani oleh Ketua PPPBA Indonesia, Dr. Dedih Wahyuddin, M.Ag.
Roundown Acara Rakernas PPPBA Indonesia & Semiloka dilaksanakan di Malang selama 3 hari, Rabu-Jum’at 24-26 Agustus 2022. Sebagai moderator dalam acara Rakernas dan Semiloka tersebut adalah Muhammad Wahyudi, M.Pd. perwakilan dari UNIDA Gontor Ponorogo. Acara dimulai pada pukul 14.30 WIB, dengan diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Anis Budiriyanto, Lc., M.Pd. perwakilan dari PBA STIM Surakarta. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Umum IMLA Indonesia.
Kata sambutan yang pertama oleh Ketua Umum IMLA Indonesia Dr. Tulus Musthofa, M.A. Beliau mengatakan bahwa, PPPBA Indonesia banyak perubahan, Data Prodi PBA yang sudah bergabung dengan IMLA Indonesia, S1= 201 prodi, S2=30 prodi, S3=6 prodi. Untuk Pertemuan Internasional Bahasa arab (PINBA) dan Muktamar IMLA ke VII akan dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Lombok-Mataram pada bulan Juli 2023. Dalam pertemuan akbar tersebut beliau berpesan, yang perlu dipersiapkan dalam SPPD, agar dibuat untuk beberapa orang dan beberapa kegiatan: (1) Penguatan Kurikulum, (2) Penguatan Akreditasi, (3) Penguatan Jurnal Nasional. (4) Penguatan Jurnal Internasional.
Kata sambutan yang kedua oleh Ketua PPPBA Indonesia Dr. Dedih Wahyuddin, M.Ag. Beliau mengatakan bahwa:” PPPBA Indonesia pada periodenya kurang beruntung, pada tahun 2019-2020 akhir di UNPAD Bandung dilantik. Pada masa pandemi Covid-19 banyak sekali hambatan kegiatan yang dilakukan secara offline, banyak aktivitas dan kegiatan yang tidak terlaksana dengan baik. Pertemuan secara online sangat membosankan dan kurang intens. Implementasi aktivitas dan kegiatan didunia nyata sangat membantu pada seluruh prodi dalam rangka merealisasikan Pengajaran Metodologi PBA dan meng-Implementasikan Kurikulum MBKM.”
Kemudian beliau menekankan bahwa, Prodi PBA yang dapat melanjutkan ke jenjang Akreditasi Internasional adalah Prodi PBA yang sudah ter-Akreditasi Unggul (A) standar 9. Perguruan Tinggi yang sudah terakreditasi Internasional agar bekerjasama dengan prodi PBA yang belum terakreditasi Internasional. Perguruan Tinggi UNNES adalah salah satu Perguruan Tinggi Indonesia yang sudah ter-Akreditasi Internasional AQAS supaya dijadikan rujukan. Untuk Prodi PBA yang merasa kesulitan dalam penyusunan borang 9 standar, Pengurus Pusat PPPBA Indonesia siap memberikan bantuannya dengan menghadirkan pakar ahli dibidangnya menuju Prodi PBA Indonesia yang terakreditasi Internasional baik di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta.
Poin yang sangat urgen untuk menjadikan Perguruan Tinggi menjadi unggul diperlukan sumberdaya manusia yang berkualitas, memiliki adab, akhlak, moral, komitmen, skill, dedikasi yang tinggi, menejemen administrasi yang handal, terstruktur dan terukur berstandar Nasional maupun Internasional. Pada akhir sambutannya beliau berpesan agar bersungguh-sungguh dalam mengemban tugas mulia yang diamanahkan oleh para pimpinan kampus dari Perguruan Tinggi masing-masing dan tidak kenal lelah serta tidak putus asa dalam memajukan Prodi PBA yang di embannya. “Selamat melaksanakan Rakernas & Semiloka.”
Berikutnya acara penandatanganan Perjanjian Kerjasama MOA/PKS dengan Ketua PPPBA Pusat oleh Dr. Dedih Wahyuddin, M.Ag beserta seluruh Kaprodi PBA Indonesia. Dan dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antar prodi. Prodi PBA STIM Surakarta yang dipimpin oleh Kaprodi Anis Budiriyanto, Lc., M.Pd. mengadakan MOA/PKS dengan 7 Prodi PBA Indonesia: (1)UM Malang, (2)UNIDA Gontor, (3)IAIN Ponorogo, (4)UPI Bandung, (5)UIN Syahid Jakarta, (6)Universitas Islam Jakarta (UIJ) ,(7)UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulung Agung) dibidang Pendidikan, Jurnal dan Pengabdian Masyarakat.
Pasca acara penandatangan MOA/PKS antar prodi, para peserta Rakernas PPPBA & Semiloka mendengarkan para pemateri :
- Hanik Mahliatussikah, M.Hum. (Best Practice Kurikulum PBA Berbasis MBKM). Bentuk Skripsi di Universitas Negeri Malang adalah artikel/Jurnal. Mahasiswa tinggal memilih, untuk mempublikasikan nya bisa di Sinta 1-6, untuk kepentingan akreditasi berapa artikel mahasiswa di tingkat Nasional. Untuk mahasiswa magang mata kuliah dikonversikan dengan kegiatan. Pertukaran mahasiswa antara Perguruan Tinggi ditentukan minimal semester 4/5/6. Ketentuan Kemendikbud MBKM 30 % dari jumlah mahasiswa Perguruan Tinggi. MBKM adalah sebuah pilihan bukan suatu kewajiban (tawaran). Pada sesi akhir beliau menyampaikan bahwa Inti dari prinsip pengembangan kurikulum yang harus dicapai ada 5 dimensi : a. Relevansi b. Interkonektif c. Fleksibilitas dan Kedinamisan d. Kontinuitas e. Efektivitas dan Efisiensi.
- Dr. Yayan Nurbayan, M.Ag. (Implementasi Kebijakan MBKM di Departemen Pendidikan Bahasa Arab Universitas Indonesia). Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Pada hakekatnya MBKM hanya berbicara pada: (1) Pedoman Pembelajaran. (2) Sistem Pembelajaran. Sedangkan untuk Kartu Rencana Studi (KRS) disesuaikan dengan kurikulum masing-masing dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Inti materi yang disampaikan urgensinya ada 2 poin dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Pada Abad 21.
Poin pertama: Deepth of Learning Experiences (Pengalaman Belajar di Kampus dan di Luar Kampus). Poin kedua: Breadth of Learning Experiences (Pengalaman Belajar di Kampus dan di Luar Kampus). Indikator Kinerja Utama (IKU) akan menjadi landasan transformasi Pendidikan Tingkat Tinggi yang meliputi: a. Kualitas Lulusan b. Kualitas Kurikulum c. Kualitas Dosen dan Pengajar.
- Abd. Syakur, M.Pd. & Dr. Nurhadi. M.A. (Bedah Instrumen Akreditasi Program Studi).
TIP MENYUSUN LED LAMDIK. Pertama: Bentuk TIM Penyusun LED dan DKPS. Kedua: Anggota TIM membaca dan Memahami: a. Buku 2: Laporan Evaluasi Diri b. Panduan Penyusunan LED c. Panduan dan Matrik Penilaian IAPS Kependidikan. Ketiga: Menyusun LED sesuai dengan panduannya pada setiap item kriteria berlandaskan data/informasi yang benar. Keempat: deskripsikan/berikan informasi yang diminta/diperintahkan dalam LED. Kelima: Menyelaraskan konsistensi istilah dan susunan bahasanya. Keenam; Meminta Asesor Internal PT mereview LED sebelum submit. Ketujuh; Cek Simmilarity/cek plagiarisme. Kedelapan: submit LED dan DPKS beserta dokumen pendukung terkait lamdik.
LAPORAN EVALUASI DIRI (LED). LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI (LAM) KEPENDIDIKAN. Cakupan Instrumen Akreditasi Program Studi terdiri atas: 1). Buku 1: Naskah Akademik 2). Buku 2: Laporan Evaluasi Diri (LED) 3). Buku 3: Panduan Pengisian LED 4). Matrik Penilaian 5). Buku 5: Prosedur Akreditasi.
BEDA AKREDITASI LAMDIK DARI BAN-PT:
- BAN-PT 7 STANDAR ada 3 dokumen: (1)Borang Prodi: 75% (2)Borang Fakultas: 15% (3)Dokumen Evaluasi Diri Prodi: 10%.
- BAN-PT 9 KRITERIA: LED DAN LKPS: LAM KEPENDIDIKAN : 1 Dokumen (data kuantitatif dan data kualitatif).
- Singgih Kuswardono, M.A. & Dr. Hanik Mahliatussikah, M.Hum. (Akreditasi Internasional AQAS).
SER: (Self Evaluation Report) 7 Kriteria SER AQAS: (1) Quality of Curriculum (2) Quality Assurance (3) Learning, Teaching, Students Assessment (4) Student Admission, Progression, Recognition and Certification (5) Teaching Staff (6) Learning Resources & Student Support (7) Publik Information.
Penulisan: (1).SER 50 halaman untuk 1 cluster 2 prodi (2).SER 100 halaman untuk 1 cluster 4/5 prodi (3).Kertas A4 (4)Jenis huruf konsisten: calibri light size 11 (5)Spasi 1.15 (6)Penulisan clear & concise, sesuai dengan panduan AQAS.
Pada pukul 20.30-21.30 Wib. Acara Forum Group Discussion (FGD), Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP), MBKM Prodi PBA (Pararel): (1) Pertukaran Pelajar/Transfer Kredit DN/LN. (2) Magang. (3) Asisten Mengajar. (4) Riset. (5) Proyek Kemanusiaan. (6) Kegiatan Wirausaha. (7) Studi Independen. (8) KKN Tematik. Selanjutnya Presentasi Hasil FGD Perwakilan Kelompok, dan berakhir pada Pukul: 22.00 Wib. Kemudian para peserta Istirahat malam.
Kegiatan pada hari kamis, 25 Agustus 2022 Pukul 06.00-07.30 Wib sarapan pagi. Kemudian pada Pukul 07.30-08.30 Wib. Presentasi Hasil FGD Perwakilan Kelompok (lanjutan). Hasil presentasi, secara global para kaprodi menyepakati MOA/PKS yang mudah di laksanakan dan tidak berbelit-belit terutama di bidang Tridarma Perguruan Tinggi. Adapun sharing session di isi dengan Finalisasi kurikulum prodi dan tanya jawab. Pukul 09.30-12.00 Wib. Seminar Bedah Instrumen APS Lamdik oleh Dr. Abd Syakur, M.Pd. Beliau berbicara tentang:” kebijakan Sistem Penjaminan Mutu (SPMI/SPME).” Di bagian awal beliau mengutip atsar sahabat Ali bin Abi Thalib: ” Didiklah dan persiapkanlah generasi penerusmu untuk suatu zaman yang bukan zamanmu karena mereka akan hidup pada suatu zaman yang bukan lagi zamanmu.”
Standar Dikti meliputi dua komponen: (1). SN Dikti No.44 Tahun 2015. (a. Standar Nasional Pendidikan. b. Standar Nasional Penelitian. c. Standar Nasional PKM). (2). Standar DIKTI yang Ditetapkan Perguruan Tinggi. (a. Standar Bidang Akademik Kepada Masyarakat. b. Standar Bidang Non-Akademik Kepada Masyarakat). Continuous Quality Improvement Siklus SPMI terdiri dari PPEPP (Penetapan Pelaksanaan Evaluasi Pengendalian Peningkatan). Membangun dan Mengimplementasikan SPMI (a. Dokumen/Buku Kebijakan SPMI. b.Dokumen/Buku Manual SPMI. c.Dokumen/ Buku Standar SPMI. d.Dokumen/Buku Formulir SPMI. e.Penerapan SPMI (al. Kelembagaan). f.Evaluasi dan Pengendalian SPMI. g.Peningkatan SPMI). Instrumen Akreditasi terdiri atas: (1) Instrumen Akreditasi untuk Program Studi. b.Instrumen Akreditasi Untuk Perguruan Tinggi).
Inti dari Akreditasi dan Penjaminan Mutu menurut pemaparan beliau adalah: 1) Pada setiap semester prodi wajib dilakukan audit oleh Penjaminan Mutu. 2) Semester Genap fokus kepada TRIDARMA Perguruan Tinggi di bidang Penelitian dan Pengabdian. 3) Kaprodi dan Sekprodi mempunyai akses Penjaminan Mutu. 4) Mendapat pengakuan dari lembaga luar. 5) PPPBA siap mengirimkan tenaga ahli baik Penjaminan Mutu/Akreditasi PBA.
Best Practice Pengisian LKPS APS Lamdik. Oleh Dr. Nurhadi pada pukul 13.30-16.00 Wib. Beliau memaparkan cara penyusunan LED yang praktis, intinya adalah: (1) LED tidak boleh dikarang. (2)Dipersiapkan dana pengisian LED sejak sekarang. (3) Data disimpan dengan sistem Digitalisasi. (4)Membentuk TIM LED & LAMDIK dengan SK Rektor/Dekan/Ketua Perguruan Tinggi. (5)Ketua TIM harus memahami buku LED. (6)Untuk Pengembangan Kurikulum adalah wilayah Kaprodi. (7)LED (Laporan Evaluasi Diri) & DK (Data Kuantitatif), di isi dengan hati-hati dalam Lamdik karena yang menilai adalah sistem. (8)Template harus disamakan, ( Profil UPPS, 1 dosen membimbing 30 Mahasiswa, IPK minimal 3,01, matrik diprint, matrik penelitian harus harus berbunyi….).
Best Practice Akreditasi Internasional AQAS. Dimulai pada Pukul 19.00- 21.30 Wib. Oleh Dr. Singgih Kuswardono. PBA UNNES mendapatkan Sertifikat AQAS melalui, The accreditation procedure and the resolution are based on the Standards and Guidelines for Quality Assurance in European Higher Education Area (ESG). Penyetaraan AQAS melalui: Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 1520/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/III/2022. Menetapkan Peringkat Akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab pada Program Sarjana Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Unggul dengan Nilai 361. Berlaku mulai tanggal 2 Oktober 2021 sampai dengan tanggal 2 Oktober 2026.
Kriteria dan Assesor AQAS: (1) The European Standards and Guidelines (ESG) for Quality Assurance in the European Higher Education Area. (2) The European Qualification Framework for Lifelong Learning. Asscssors: The Panel of Experts (1) at least 4 experts. (2) at least 1 expert is from the region, others from Europe and surrounding areas. (3) consist of… professors, 1 from labour market, 1 student.
SER-Program Studi: SELF-EVALUATION REPORT (SER): (1) Quality of the Curriculum. (2) Procedures for Quality Assurance. (3) Learning, Teaching, & Assessment. (4) Student admission, progession, recognition, and certivication. (5) Teaching Staff. (6) Learning resources and student support. (7) Public information.
Persiapan Visitasi: Sesi Konfirmasi saat Visitasi, (1)Manajemen PT. (2) Manajemen Fakultas termasuk Manajemen Prodi. (3) Dosen. (4) Mahasiswa. (5) Alumni. (6) Stake Holder.
Kegiatan RAKERNAS PPPBA & SEMILOKA di akhiri pada hari jum’at, 26 Agustus 2022 dengan Rihlah (City Tour) dan Lunch (Nasi Kotak) start dari El-Hotel Kartika Wijaya pada pukul 07.30-10.30 Wib dengan berkeliling kota malang, mengunjungi beberapa Universitas terkenal di Malang dan tidak lupa rekreasi ke Taman Hiburan untuk melepas kepenatan setelah mengikuti rakernas selama 3 hari. Pada pukul 12.00 Wib kembali ke hotel dan Check Out. Kebali ketempat asal masing-masing.