Implementasi Kurikulum Merdeka: Mahasiswa STIM Surakarta Laksanakan PPL di SMP Al-Qur’an Terpadu Al Huda Boyolali
- 2 September 2024
- Posted by: Admin IT
- Category: PPL

Boyolali, 2 September 2024 — Dina Parlina Rahmatika, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dari Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin (STIM) Surakarta, telah menyelesaikan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Al-Qur’an Terpadu (SMPQT) Al Huda Boyolali. PPL yang berlangsung dari 22 Juli hingga 30 Agustus 2024 ini bertujuan untuk mengintegrasikan teori dan praktik dalam dunia pendidikan, khususnya dalam implementasi Kurikulum Merdeka.

Sekilas Sejarah SMPQT Al Huda Boyolali
SMP Al-Qur’an Terpadu Al Huda didirikan oleh Yayasan Islam Al Huda Jampen (YAISA) dan resmi beroperasi sebagai sekolah formal pada tahun 2023 dengan izin operasional SK 503/0306/SMP/4.14/II/2023. Sebelum menjadi sekolah formal, YAISA telah menjalankan berbagai program pendidikan non-formal seperti Madrasah Ilmu Agama dan Bahasa Arab (MIBA) dan Madrasah Tahfidz Akhir Pekan (MTAP). Sekolah ini berkomitmen untuk mencetak generasi berakhlak Qurani dan berprestasi melalui integrasi pendidikan umum dan Al-Qur’an.

Implementasi Kurikulum Merdeka
SMPQT Al Huda mengadopsi Kurikulum Merdeka, yang menekankan pembelajaran intrakurikuler beragam dan fleksibel. Kurikulum ini memungkinkan guru untuk memilih perangkat ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta didik. Salah satu fitur utama adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang bertujuan mengembangkan karakter siswa melalui tema-tema tertentu yang ditetapkan pemerintah.

Peran Guru Pamong dan Dosen Pembimbing
Selama PPL, Dina dibimbing oleh Ustadzah Hendrarini Budi Nagari, S.Pd., Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum dan Kesiswaan serta Guru Bahasa Inggris di SMPQT Al Huda. Ustadzah Triani, M.Pd., Dosen Pembimbing Lapangan dari STIM Surakarta, juga aktif memberikan arahan dan evaluasi untuk memastikan kompetensi pedagogik dan profesional Dina berkembang optimal.
Tugas Praktikan di SMPQT Al Huda
Dina melaksanakan berbagai tugas selama PPL, antara lain:
- Mengajar Bahasa Arab di kelas VII dan VIII dengan menggunakan metode Inquiry-Based Learning (Pembelajaran Berbasis Inkuiri) adalah pendekatan dalam pendidikan yang menekankan pada eksplorasi, penemuan, dan pemecahan masalah melalui proses bertanya kepada siswa, sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka.
- Menyusun Modul Ajar
- Mengelola Administrasi Sekolah, seperti membantu pengelolaan perpustakaan dan membantu teknisi ANBK.
- Mempersiapkan Kompetisi Bahasa Arab, yang melibatkan siswa dalam berbagai lomba edukatif seperti “Battle of Hijaiyah” dan “Tebak Kata”.
- Berpartisipasi dalam Kegiatan Sekolah, termasuk membantu persiapan upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus
Kontribusi Penting Lainnya
Selain tugas utama, Dina juga berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pengadaan media pembelajaran dan berinisiatif dalam program-program yang mendukung pengembangan siswa. Kompetisi Bahasa Arab yang ia rancang berhasil meningkatkan minat dan keterampilan berbahasa Arab siswa, sekaligus mempererat hubungan antar siswa melalui kegiatan yang interaktif dan menyenangkan.
Kontribusi Penting Lainnya
Selain tugas utama, Dina juga berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pengadaan media pembelajaran dan berinisiatif dalam program-program yang mendukung pengembangan siswa. Kompetisi Bahasa Arab yang ia rancang berhasil meningkatkan minat dan keterampilan berbahasa Arab siswa, sekaligus mempererat hubungan antar siswa melalui kegiatan yang interaktif dan menyenangkan.