Tentang Kami

/Tentang Kami
Tentang Kami2019-03-08T19:41:04+00:00

Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin (STIM) Surakarta

Pada awalnya, Yayasan Pendidikan dan Asuhan Yatim (YPIA) Al-Mukmin membuat Al-Ma’had Aly Al-Mukmin sebagai wadah untuk kajian lanjut studi Islam (dirosah Islamiyyah). Setelah berjalan kurang lebih 24 tahun, maka ada upaya untuk pengembangan Ma’had Aly menjadi Sekolah Tinggi hingga Universitas terkemuka berbasis pondok pesantren. Pada tahun 2009, YPIA membuat tim untuk melakukan pengkajian secara komprehensif untuk mempersiapkan berdirinya sekolah tinggi dan mempersiapkan langkah-langkah pendiriannya.

Setelah tim bekerja untuk membuat statute dan melakukan kajian awal terus diwujudkan dalam bentuk proposal pendirian Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin (STIM) kemudian dikirimkan ke Direktorat Perguruan Tinggi, Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama dan setahun kemudian dilakukan visitasi oleh Diktis Kementrian Agama. Pasca visitasi kemudian diberikan ijin operasional dengan nomor Dj. 1/149/2012 Dirjen Pendidikan Islam Kementrian  Agama R.I. Dari tiga program studi yang diajukan, baru disetujui satu program studi yaitu Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di STIM ini mempunyai orientasi, visi, misi, sasaran, dan tujuan yang diharapkan tidak hanya mampu memberikan output yang sesuai dengan standar akademik yang ditentukan sebagaimana PTAI lainnya, tetapi juga mampu memenuhi kualifikasi sebagai guru yang unggul sebagai pendidikan bahasa Arab khususnya dan studi Islam pada umumnya.

Untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan tersebut sekaligus dimilikinya kecakapan akademik yang ditentukan, maka program studi PBA STIM Surakarta perlu melakukan perubahan Visi yang diemban oleh Prodi PBA STIM  dari yang sebelumnya adalah :

“Terwujudnya Program Sarjana Pendidikan Bahasa Arab yang unggul dan terkemuka diakui Nasional pada tahun 2017 dan diakui Regional ASEAN pada tahun 2023 dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat, untuk menghasilkan lulusan (sarjana) yang memiliki kapasitas intelektual, keahlian, dan kepribadian yang mencerminkan integritas keislaman, keilmuan dan profesionalitas dengan didasari nilai-nilai Islam dan pesantren “.

Menjadi,

“Unggul dan terkemuka dalam studi Pendidikan Bahasa Arab berbasis Pesantren dan Al-Quran.”

Dengan cara ini, diharapkan output yang dihasilkan berupa sarjana S1 PBA yang tidak hanya mempunyai kemampuan yang memadai di bidang Pendidikan Bahasa Arab, tetapi juga di bidang pendidikan Islam dan dirosah Islamiyyah (studi Islam) dengan tetap memiliki keunggulan karakter islami dan nilai-nilai kepesantrenan. Untuk mewujudkan visi tersebut, maka dirumuskan Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul dalam studi pendidikan bahasa Arab berbasis Pesantren dan al-Quran.
  2. Mengembangkan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Arab yang memberi kontribusi untuk pengembangan akademik/keilmuan dan praktis untuk pengajaran bahasa Arab yang mudah, cepat dan modern.
  3. Menciptakan kader bangsa yang kompetitif dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab yang selalu mengaplikasikan nilai-nilai al-Quran yang syarat dengan ahlak-ahlak kepesantrenan
  4. Meningkatkan peran serta prodi PBA STIM Surakarta dalam bidang pendidikan tinggi Islam, kebudayaan nasional, dan peradaban global.
  5. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak ditingkat lokal, nasional, regional, dan internasional sebagai perwujudan Tridarma Perguruan Tinggi terutama di bidang Pendidikan Bahasa Arab dan Ilmu Bahasa Arab.

Adapun tujuan dari penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STIM adalah dirumuskan sebagai berikut:

  1. Tujuan Umum

Menghasilkan sarjana dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab yang profesional dan berkualifikasi akademik  serta mampu melaksanakan penelitian-penelitian dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab untuk ikut menyelesaikan persoalan sosial kemasyarakatan yang terkait dengan disiplin keilmuan Pendidikan Bahasa Arab.

  1. Tujuan Khusus
  1. Menghasilkan sarjana yang mahir dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab dan sekaligus menguasai ilmu bahasa Arab.
  2. Mendidik sarjana peneliti dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab dengan pendekatan interdisipliner dan multidisiplin.
  3. Mendidik sarjana yang mampu berfikir secara kritis, integratif  dan interkonektif, sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dengan mendasarkan pada ilmu Pendidikan bahasa Arab.
  4. Mencetak kader-kader bidang Pendidikan bahasa Arab yang peka terhadap masalah-masalah pendidikan, ilmu bahasa Arab dan sosial kemasyarakatan, lalu memberikan solusi yang tepat sesuai dengan ilmu pendidikan bahasa Arab.
  5. Membangun, memelihara dan mengembangkan kehidupan masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai al-Quran dan kepesantrenan.
Lihat Program Studi
0
Mahasiswa
0
Program Studi
0
Dosen Pengajar
0
Lokasi

PROGRAM STUDI POPULAR