Sambutan Pimpinan STIM

/Sambutan Pimpinan STIM
Sambutan Pimpinan STIM2019-03-09T06:10:44+00:00

Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin (STIM) didirikan sebagai kelanjutan dari perguruan tinggi pesantren ”Al-Ma’had Al-Aly Al-Mukmin” yang mengkhususkan pada studi Islam (Dirosat Al-Islamiyyah). Ma’had Aly didirikan pada tahun 1985 sebagai lembaga pendidikan Pesantren tingkat Perguruan Tinggi. Dari tahun 1985 hingga sekarang, Ma’had Aly Al-Mukmin telah mengalami empat kali periode kepemimpinan yaitu periode ustadz H. Suwardi Efendi, Lc (tahun 1985-1993), periode ustadz H. Jazri Mu’allim, Lc. (1994-1997), periode KH. Taufiq Usman, MSI. (1998-2003) dan periode ustadz Drs. H. Noor Hadi, M.Ag., M. Pd. (  2003-sekarang). Dalam rangka merespon dinamika pendidikan dan sosial-budaya masyarakat, maka Ma’had Aly Al-Mukmin tersebut kemudian dikembangkan menjadi STIM. Dimasa yang akan datang, STIM diharapkan bisa menjadi embrio Universitas Islam Terkemuka di Indonesia yang berbasis pada Pondok Pesantren.

Ada tiga kondisi obyektif yang mendorong keluarga besar al-Mukmin ingin mendirikan perguruan tinggi yaitu : pertama, adanya keiinginan kuat untuk mengembangkan institusi pendidikan dilingkungan pesantren yang bisa menghasilkan mutafaqih fi ad-din (kader yang mendalam ilmu agamanya), ulama’ amilin fi sabilillah, profesional dan berakhlakul karimah. Kedua, adanya dorongan mendasar untuk melakukan peningkatan sumber daya umat (SDM) yang unggul dan kompetitif yang mampu menjadi agen perubahan masyarakat dalam pelbagai aspeknya pada era kompetisi global. Ketiga, adanya dukungan banyak pihak, terutama alumni dan tokoh-tokoh Islam di Wilayah Surakarta untuk mewujudkan lembaga pendidikan tinggi yang berbasis pesantren sebagai lanjutan bagi kader-kader alumni Kulliyatul Mu’alimin/Mu’alimat, Madrasah Aliyah/SMA/SMK, Diniyah Ulya Formal, Pesantren Mu’adalah, Paket C dan sederajat.

Pada tahap awal ini, STIM baru membuka satu program studi yaitu Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Prodi-prodi baru sedang dikaji untuk dibuka dan dikembangkan di STIM, untuk mengikhtiarkan terwujudnya Pondok Pesantren Al-Mukmin  sebagai center of excellence /kawah condrodimuko bagi “ulama’ amilin fi sabilillah”.