Home / Pendidikan Bahasa Arab

Pendidikan Bahasa Arab

PROFIL
PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
Pada tahap awal ini, STIM Surakarta baru membuka satu program studi yaitu Pendidikan Bahasa Arab. Lulusan Prodi PBA akan menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd)

Visi Prodi PBA:
“Menjadi Program Studi yang unggul dalam pengembangan ilmu Pendidikan Bahasa Arab berbasis pesantren dan al-Qur’an guna menyiapkan guru bahasa Arab yang profesional, dan shalih Pada tahun 2024 tingkat Nasional.

Misi Prodi PBA:
a. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul dalam studi Pendidikan Bahasa Arab berbasis Pesantren dan Al-Qur’an.
b. Mengembangkan penelitian dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab yangmemberikan kontribusi untuk pengembanganak ademik/keilmuan dan praktis untuk pengajaran Bahasa Arab yang mudah, cepat dan modern.
c. Meningkatkan Pendidikan untuk menghasilkan karakter guru Bahasa Arab yang memiliki keilmuan, keislaman dan professional untuk memenuhi kebutuhan guru Bahasa Arab di TK, MI/SD, MTs/SMP dan MA/SMA/SMK untuk masa lima tahun.
d. Meningkatkan peran serta program studi PBA STIM Surakarta dalam bidang pendidikan tinggi Islam, kebudayaan nasional dan peradaban global.
e. Mengadakan pelatihan dan pendampingan bagi masyarakat yang belum bisa BTA (baca tulis Al-Qur’an), dan membuka kursus Bahasa Arab bagi institusi yang mengalami kesulitan dalam mempelajari Bahasa Arab sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama di bidang Pendidikan Bahasa Arab.

Tujuan Prodi PBA:
a. Tujuan Umum
Menghasilkan sarjana dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab yang profesional dan berkualifikasi akademik dan mampu melaksanakan penelitian-penelitian dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab untuk ikut menyelesaikan persoalan sosial kemasyarakatan yang terkait dengan disiplin keilmuan Pendidikan Bahasa Arab.

b. Tujuan Khusus
• Menghasilkan sarjana yang mahir dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab dan sekaligus menguasai ilmu Bahasa Arab.
• Mendidik sarjana peneliti dalam bidang ilmu Pendidikan Bahasa Arab dengan pendekatan inter disipliner dan multi disiplin.
• Mendidik sarjana yang mampu berfikir secara kritis, integratif dan interkonektif, sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dengan mendasarkan pada ilmu Pendidikan Bahasa Arab.
• MencetakPendidik Bahasa Arab yang berkepribadian, berpengetahuan luas, kreatif, mengikuti perkembangan Mutakhir bidang Pendidikan Bahasa Arab dan mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran.
• Membangun, memelihara dan mengembangkan kehidupan masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Al-Qur’an dan kepesantrenan
PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB telah terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Keputusan Nomor: 717/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/I/2020

https://sshj.in/public/slot-deposit-dana/https://mbmscience.com/public/slot88/situs slot gacorhttps://peshawarhighcourt.gov.pk/slot-gacor/https://www.doutoresdoexcel.com.br/-/slot-gacor/https://mccm.ptcer.pl/slot-demo/https://academconsult.ru/slot-gacor/https://nje.org.na/slot-deposit-dana/https://journals.tma.uz/slot-gacor/https://muru.com.co/slot-deposit-pulsa/https://coresdaterra.com.br/slot-gacor/https://sasurie.com/slot-gacor/https://thejrns.org/slot-gacor/http://a0729171.xsph.ru/https://zombiigrice.com/slot-gacor/https://ijohmn.com/public/slot-gacor/https://www.kuhoo.com/wp-content/uploads/slot-deposit-dana/http://clc.cet.edu/judi-bola/https://www.ijmaberjournal.org/slot-gacor/https://ijorces.org/slot-gacor/https://virtusclean.com/slot-online/https://modernacademy-journal.synceg.net/slot-gacor/https://artescienza.org/wp-content/uploads/slot-gacor/https://journal.icter.org/public/slot-gacor/https://rumosdainformacao.ivc.br/5unsur3/