Home / UNIVERSITAS / SEMINAR / WORKSHOP DESAIN PEMBELAJARAN PERGURUAN TINGGI DAY 1

WORKSHOP DESAIN PEMBELAJARAN PERGURUAN TINGGI DAY 1

Day 1: Pengantar KKNI, SNPT, Prodi dan MK Kamis, 27 Oktober 2022, STIM Surakarta menyelenggarakan Workshop Desain Pembelajaran Perguruan Tinggi dengan menghadirkan Prof Dr. Bermawy Munthe dan Ustadz Roni Ismail S.Th.I, M.S.I sebagai Fasilitator. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai Kamis 27 Oktober sampai Sabtu 30 Oktober 2022 bertempat di gedung Ikappim (Ikatan Alumni Ponpes Islam Al-Mukmin) Sukoharjo.

Para peserta workshop terdiri dari para pimpinan STIM Surakarta, staf pengelola, Dosen, pengajar dan para utusan dari Sekolah Tinggi di area Solo Raya. Acara dimulai dengan bacaan basmalah, kemudian pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Ustadz Joko Ariyanto M.Pd. Sambutan disampaikan oleh Ketua STIM Surakarta, Ustadz Sudarmadi Putra, M.Ud dilanjutkan pembacaan curriculum vitae (CV) para Fasilitator yang merupakan Pegawai Negeri Sipil dan Dosen di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Prof. Dr. Bermawy Munthe M.A., mengawali workshop dengan menyebutkan filosofi mengajar, “Tulislah apa yang akan anda kerjakan dan Kerjakan apa yang anda tulis!”

Selanjutnya beliau memaparkan 9 argumen dasar pentingnya Workshop Desain Pembelajaran Perguruan Tinggi ini bagi para peserta. Ustadz Roni Ismail M.SI memandu sesi perkenalan dengan cara menarik dan lain dari biasanya. Beliau memberikan secarik kertas berisi pertanyaan-pertanyaan tertentu kepada para peserta. Kemudian peserta diminta menemukan rekan yang sesuai dengan pertanyaan tersebut dan membubuhkan nama berikut tanda tangannya. Barangsiapa mendapatkan tanda tangan terbanyak mendapatkan doorprize dari Prof Munthe.

Para Fasilitator menguraikan pengantar konsep dan hubungan antara KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), SNPT (Standar Nasional Perguruan Tinggi), Prodi (Program Studi) dan MK (Mata Kuliah) menggunakan strategi brainstorming dan concept map (Peta Konsep).

Para peserta dilatih membuat peta konsep sesuai dengan mata kuliah yang diampu. Kemudian memberi kata penghubung yang dapat menjelaskan bagan-bagan yang terdapat pada peta konsep dengan jelas.

Berikut langkah langkah pembuatan peta konsep:
1. Brainstorming
2. Tentukan 6-8 konsep utama
3. Buat gambar
4. Hubungkan konsep-konsep tersebut
5. Beri label dengan kata-kata

Sebagai penutup di hari pertama, Fasilitator memberikan tugas kepada para peserta untuk membuat Timeline (Alokasi waktu) yang merujuk pada peta konsep yang telah dibuat. Diantara tujuan akhir yang akan dicapai pada workshop ini supaya para dosen dapatmerefleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan kemudian menyesuaikan RPS dan silabus dengan KKNI dan SNPT.

About admin

Check Also

Day 3: Strategi Pembelajaran Active Learning

Sabtu, 29 Oktober 2022 Pertemuan hari ketiga Workshop Desain Pembelajaran Perguruan Tinggi STIM Surakarta menjabarkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://sshj.in/public/slot-deposit-dana/https://mbmscience.com/public/slot88/situs slot gacorhttps://peshawarhighcourt.gov.pk/slot-gacor/https://www.doutoresdoexcel.com.br/-/slot-gacor/https://mccm.ptcer.pl/slot-demo/https://academconsult.ru/slot-gacor/https://nje.org.na/slot-deposit-dana/https://journals.tma.uz/slot-gacor/https://muru.com.co/slot-deposit-pulsa/https://coresdaterra.com.br/slot-gacor/https://sasurie.com/slot-gacor/https://thejrns.org/slot-gacor/http://a0729171.xsph.ru/https://zombiigrice.com/slot-gacor/https://ijohmn.com/public/slot-gacor/https://www.kuhoo.com/wp-content/uploads/slot-deposit-dana/http://clc.cet.edu/judi-bola/https://www.ijmaberjournal.org/slot-gacor/https://ijorces.org/slot-gacor/https://virtusclean.com/slot-online/https://modernacademy-journal.synceg.net/slot-gacor/https://artescienza.org/wp-content/uploads/slot-gacor/https://journal.icter.org/public/slot-gacor/https://rumosdainformacao.ivc.br/5unsur3/https://dailyexpresstop.com/https://livepublicnews.com/