Home / KEGIATAN MAHASISWA / KKN / MABIT KELOMPOK-2 KKN STIM SURAKARTA

MABIT KELOMPOK-2 KKN STIM SURAKARTA

By: Azam Ami Ruddin

Sabtu, 11 september 2022 kelompok-2 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan ke-VIII Tahun Akademik 2022-2023 Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin Surakarta yang bertempat di Dusun Tuguharo, Desa Sonoharo, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri melaksanakan kegiatan MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) bersama anak-anak dan remaja Masjid Nur Hidayatullah. Yang mana acara mabit ini merupakan kali pertamanya dalam sejarah Masjid Nur Hidayatullah Tuguharo Kec. Wonogiri. Meskipun baru pertama kalinya anak-anak merasa senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini, termasuk juga orang tua dari anak-anak dusun setempat senang dan mendukung kegiatan ini dengan mengizinkan anaknya mengikuti acara mabit diMasjid Nur Hidayatullah Dusun Tuguharo Desa Sonoharo Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri Sabtu, (10/09/2022).

Para peserta mabit ini adalah anak-anak dan remaja dusun Tuguharjo yang berjumlah belasan yang semua pesertanya adalah laki-laki dari SD sampai SMP, karena memang didusun Tuguharjo sendiri mayoritas anak-anak dan remaja disana laki-laki. Acara dibuka oleh kak Aninditya Safira Putri dan rekan-rekan kelompok-2 KKN STIM dengan mengucapkan salam dan basmallah bersama-sama serta perkenalan antara satu sama lain, kemudian acara dilanjutkan dengan pengenalan serta penjelasan makna mabit itu sendiri yaitu malam bina iman dan taqwa serta dilanjutkan dengan belajar dan mengkaji bareng tentang bacaan Al-Quran yang dimulai dengan ta’awudz, basmallah, dan surat Al-Fatihah.

Kegiatan mabit ini dimulai pada pukul 20.00 sampai dengan selesai. setelah acara pengenalan dan belajar bersama mengenai malam bina iman dan taqwa anak-anak dan remaja lanjut untuk menonton film bareng sambil memakan camilan yang sudah  kami sediakan, karena memang itu cara kami untuk menarik anak-anak supaya bisa dan mau belajar bersama-sama dimasjid Nur Hidayatullah dusun Tuguharjo Kab. Wonogiri

Tak seperti disolo atau kota lainya, wonogiri merupakan kota yang terbilang penduduknya masih awam dan banyak sekali kristenisasi yang ada disana, saking awamnya banyak warga dari kalangan bapak-bapak dan ibu-ibu yang pengen ditalqinkan surat surat pendek terkususnya surat Al-fatihah. Bahkan didusun yang kami singgahi untuk KKN, jarak radius 2 KM dari lokasi KKN terdapat Gereja yang 30% dari penduduknya adalah nasrani, dan maju lagi sekitar 1 KM 70% dari penduduknya adalah nasrani, bisa dibayangkan betapa pentingnya seorang guru atau dai untuk syiar mengajarkan agama islam disana. Itulah mengapa betapa sulitnya untuk marangkul para remaja agar bisa hidup berdampingan dengan masjid, kalua bukan dari anak-anak ini siapa lagi yang akan membawa kesejateraan umat islam yang ada diwonogiri?

Dengan kegiatan-kegiatan seperti inilah perlahan-lahan, sedikit demi sedikit anak-anak mau dan bersemangat dalam belajar dan menimba ilmu dimasjid karena dari masjidlah peradaban itu akan muncul.

Setelah film dan camilan sudah habis para peserta mabit melanjutkan kegiatanya yaitu tidur bersama dimasjid tercinta dengan beralaskan tikar dan karpet seadanya, Alhamdulillah anak-anak bisa tidur dengan pulas. Selepas tidur jam 03.00 pagi para peserta mabit dibangunkan dari tidurnya kemudian dilanjut dengan shalat Tahajud secara berjamaah yang diimami oleh kak Azam Ami Ruddin selaku ketua dari kelompok-02 KKN STIM SURAKARTA. Yang mana kegiatan shalat Tahajud secara berjamaah ini merupakan kali pertamanya juga dalam sejarah masjid Nur Hidayatullah dusun Tuguharjo Kab. Wonogiri.

Selepasnya shalat Tahajud secara berjamaah anak-anak menunggu adzan subuh sembari berzikir kemudian melaksanakan shalat subuh secara berjamaah bersama warga dimasjid Nur Hidayatullah dusun Tuguharjo Kab. Wonogiri.  Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan dongeng sirah Nabi bersama dengan kak Amar dengan mendongengkan sahabat Nabi yang terlibat dalam perang Uhud.

Menjelang pagi kami lanjutkan kegiatan mabit kami dengan jalan-jalan pagi hepi bersama kakak- kakak yang baik hati mengelilingi dusun sambil bercanda dan bercerita riang gembira, dengan tujuan agar lebih dekat lagi dengan anak-anak didusun Tuguharjo dan agar lebih mengenal seluk beluk didusun Tuguharjo ini.

Setelah sekiranya sudah jauh dan capek kami beristirahat sebentar kemudian kembali kemasjid untuk kemudian penutupan sekaligus memberitaukan bahwa kami akan pamit untuk kembali kesolo dan akan kembali kedusun Tuguharjo dihari kamis mendatang untuk mendampingi mereka kembali InsyaAllah.

Kami ucapkan terimakasih banyak kepada yayasan AHSA Hidayatullah yang telah memberikan kami kesempatan untuk bisa ikut andil terjun kedalam masyarakat dan terimakasih juga kepada Bapak budi selaku kadus dan seluruh warga didusun Tuguharjo yang telah mau menerima kami yang masih perlu banyak belajar ini, terimakasih juga kepada mbah minto yang telah bersedia meminjamkan rumanya untuk dijadikan posko-2 KKN STIM Surakarta serta terimakasih juga kepada beliau Ustadz Dr. Muh. Fajar Shodiq, M. Ag. Selaku DPL kami, tak lupa terimakasih banyak juga kepada para donatur, muhsinin yang telah mensyuport berlangsungnya kegiatan kami didusun Tuguharjo ini serta terimakasih juga kepada rekan-rekan kelompok-02 KKN STIM Surakarta tanpa kalian kegiatan ini tidak akan mungkin berjalan dan tanpa kalian kami bukan siapa-siapa (11/09/2022).

About admin

Check Also

KKN UPDATE: POSKO KKN STIM 22

KKN U

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://sshj.in/public/slot-deposit-dana/https://mbmscience.com/public/slot88/situs slot gacorhttps://peshawarhighcourt.gov.pk/slot-gacor/https://www.doutoresdoexcel.com.br/-/slot-gacor/https://mccm.ptcer.pl/slot-demo/https://academconsult.ru/slot-gacor/https://nje.org.na/slot-deposit-dana/https://journals.tma.uz/slot-gacor/https://muru.com.co/slot-deposit-pulsa/https://coresdaterra.com.br/slot-gacor/https://sasurie.com/slot-gacor/https://thejrns.org/slot-gacor/http://a0729171.xsph.ru/https://zombiigrice.com/slot-gacor/https://ijohmn.com/public/slot-gacor/https://www.kuhoo.com/wp-content/uploads/slot-deposit-dana/http://clc.cet.edu/judi-bola/https://www.ijmaberjournal.org/slot-gacor/https://ijorces.org/slot-gacor/https://virtusclean.com/slot-online/https://modernacademy-journal.synceg.net/slot-gacor/https://artescienza.org/wp-content/uploads/slot-gacor/https://journal.icter.org/public/slot-gacor/https://rumosdainformacao.ivc.br/5unsur3/https://dailyexpresstop.com/https://livepublicnews.com/