Blog
DOSEN STIM SURAKARTA IKUTI WORKSHOP YANG DIGAGAS OLEH MS ASIA & GLOBAL LANGUAGES VILLAGE MALAYSIA
- 12 August 2022
- Posted by: ADMIN IT
- Category: Workshop
STIM Surakarta_STIM Surakarta mengirim 1 dosen untuk mengikuti workshop Metodologi
Pengajaran Guru Bahasa Arab yang merupakan program dari MS Asia & Global Languages
Village yang berkantor di Kuala Lumpur, Malaysia yang pelaksanaannya bekerjasama dengan
pesantren Islam al Hijaz Bogor, Indonesia. Workshop ini diikuti oleh 29 peserta perwakilan dari
berbagai lembaga dari daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah.
Workshop ini diselenggarakan selama 2 hari, hari Ahad siang hingga hari Senin siang, 7-8
Agustus 2022 dengan tema workshop Metodologi Pengajaran Guru Bahasa Arab yang
disampaikan oleh Syeikh Dr. Mutawakil Abdellatif Fadlel Maula al Fadni Direktur Eksekutif MS
Asia & Global Languages Village Kuala Lumpur Malaysia.
Ketua panitia penyelenggara sekaligus Mudir ma`had Islam al Hijaz, Dr. Rahmat Ridhwan Lubis
menyampaikan bahwa workshop ini diselenggarakan sebagai ikhtiar kita dalam proses kegiatan
belajar mengajar agar suasana belajar menyenangkan serta meningkatkan kualitas belajar
mengajar melalui variasi metode pembelajaran. Selain itu, kegiatan ini diharapkan untuk
meningkatkan kompetensi kita sebagai seorang pendidik.
Dalam workshop tersebut, Dr. Mutawakil mengutarakan bahwa bahasa Arab merupakan bahasa
yang paling kuat dan survive di Dunia, dengannya kita dapat memahami Al-Qur`an dan
tafsirnya. Selain itu, Beliau juga mengungkapkan rasa bangga kepada bangsa Indonesia yang
selalu melestarikan dan mengembangkan pengajaran bahasa Arab, karena tidak hanya orang
Arab saja yang bisa berbicara bahasa Arab yang baik dan benar, namun orang non Arab juga
berpotensi untuk lebih baik dari penutur aslinya.
Dr. Mutawakil menyampaikan beberapa metode-metode pengajaran dalam berkelompok.
Metode-metode yang dijelaskan pada workshop hari pertama adalah التتابع الثنائ (Rally Robin),
التتلابع اللدائرى (Round Robin), dihari pertama workshop diakhiri dengan beberapa pertanyaan
dari peserta.
Di hari kedua dilanjutkan dengan penyampaian beberapa metode, diantaranya اسأل- اسأل- بدل
(Quiz-Quiz-Trade), البطاقاطالروحية (Fun N Pick), القابلة الثلثية الخطوات ,الراسلة التنقل
(Three Steps Interview).
Metode-metode tersebut bermanfaat untuk manajemen kelas, sehingga terjadi interaksi antara
pendidik dengan peserta didik, begitupun antara peserta didik lainnya. Dr. Mutawakil
menjelaskan langkah-langkahnya, kemudian peserta dibagi menjadi beberapa kelompok agar
mudah dalam proses praktik.
Pada akhir workshop, ditutup oleh ketua panitia dan dilanjutkan photo bersama dengan peserta
workshop.