Home / UNIVERSITAS / SEMINAR / Prodi PBA STIM Surakarta Menghadiri Rapat Kerja Nasional IMLA INDONESIA & Workshop Akreditasi Internasional

Prodi PBA STIM Surakarta Menghadiri Rapat Kerja Nasional IMLA INDONESIA & Workshop Akreditasi Internasional

Ciamis, 24-25 Juni 2022.

Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin (STIM) Surakarta senantiasa berusaha meningkatkan pengembangan Sumber Daya Masyarakat (SDM) serta kerjasama yang produktif sebagai ikhtiar mengikuti perkembangan dunia pendidikan serta berkomitmen untuk menjadi institusi yang maju, dan salah satu upayanya adalah dengan menyiapkan program studi untuk dapat memperoleh akreditasi Internasional. Oleh karena itu, STIM Surakarta sangat mendukung setiap kegiatan dalam melaksanakan dan menuju akreditasi Internasional.

Mengikuti workshop akreditasi Internasional, merupakan salah satu ikhtiar yang dilaksanakan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) STIM Surakarta untuk mengetahui gambaran secara umum dan syarat yang perlu dipenuhi untuk mengikuti akreditasi Internasional.

Ketua STIM Surakarta, Sudarmadi Putra, M.Ud. mendukung secara penuh serta menyampaikan bahwa ini merupakan ikhtiar STIM Surakarta untuk menyongsong akreditasi Internasional dan beliau sangat mendukung keikutsertaan dosen STIM Surakarta mengikuti kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM untuk bersinergi, apalagi kegiatan workshop akreditasi Internasional.

Beliau melanjutkan, semoga kedepannya program studi yang ada di lingkungan STIM Surakarta dapat bersaing secara global dan bermutu Internasional, karena akreditasi Internasional yang akan menunjukkan kualitas outcome pendidikan tinggi. Dengan mengikuti kegiatan workshop  akreditasi Internasional tersebut, STIM Surakarta berharap akreditasi program studi PBA STIM Surakarta levelnya akan meningkat dari apa yang telah didapat pada saat ini.

STIM Surakarta mengutus Dua orang dosennya dari Prodi PBA untuk menghadiri kegiatan rapat kerja Nasional Ittihad Mudarrisy Lughah Arabiyyah (IMLA) Indonesia dan Workshop Akreditasi Internasional yaitu Anis Budiriyanto, M.Pd. (Kaprodi PBA) dan Muhammad Zainuddin, M.Pd. (Sekretaris PBA). Kegiatan ini diselenggarakan oleh IMLA Indonesia bekerjasama dengan pondok Pesantren Darussalam Ciamis, Jawa Barat dan Universitas Fatih Sultan Mehmet Turki.

Acara Rapat Kerja Nasional dan Workshop ini berlangsung secara luring selama 2 hari pada hari Jum`at-Sabtu, 24-25 Juni 2022 yang bertempat di Pondok Pesantren Darussalam Ciamis Jawa Barat. Menurut panitia, turut hadir dalam acara ini kurang lebih 89 prodi PBA se- Indonesia, para perwakilan civitas akademik program studi Pendidikan Bahasa Arab, Bahasa dan Sastra Arab dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di wilayah Indonesia.

Agenda pada pembukaan tersebut diawali dengan bacaan Kalam Ilahi, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars IMLA serta Hymne Darussalam, dan dilanjutkan kata sambutan dari Ketua panitia (Dr. Ade Kosasih), Tuan Rumah (Dr. K.H. Fadlil M.), dan sesepuh IMLA (Prof. Dr. Syamsul Hadi).

Kegiatan Rapat Kerja dipimpin langsung oleh Ketua Umum IMLA, Dr. Tulus Musthofa, Lc., MA. Beliau memaparkan secara umum kegiatan yang telah dilakukan dan rencana kegiatan hingga akhir kepengurusan di tahun 2023 nantinya, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tiap bagian yang diawali dari bidang Usaha dan Wakaf, bidang Kerjasama Dalam Negeri maupun Luar Negeri hingga bidang SDM.

Setelah pemaparan tiap bidang IMLA, dilanjutkan kegiatan Workshop Akreditasi Internasional yang dimoderatori oleh Dr. Risa. Hadir sebagai pemateri Dr. Waleed al-Sayyed Mohammed al-Sayed dari universitas Fatih Sultan Mehmet Turki, Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd., dan Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.Ag dari UIN Syarif Hidayatullah.

Dr. Waleed al-Sayyed Mohammed al-Sayed memaparkan bahwa bahasa Arab merupakan bahasa yang hidup (Lughatul Hayyah), perkembangannya dapat dirasakan dengan banyaknya minat pembelajaran bahasa Arab. Banyak pelatihan diadakan untuk memperkuat penguasaan bahasa Arab baik kajian kebahasaan dan kesusastraan dalam bahasa Arab itu sendiri, maupun strategi pembelajaran bahasa Arab.

Beliau melanjutkan, bahwa bahasa Arab tidaklah milik orang Arab saja, namun milik semua umat Islam di seluruh dunia. Inilah salah satu faktor yang menyebabkan bahasa Arab terus berkembang.

Setiap pendidik bahasa Arab perlu mengetahui tahapan-tahapan dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Untuk menuju akreditasi Internasional, tentu diawali dengan pembiasaan berbahasa Asing di kampus baik bahasa Arab maupun bahasa Inggris. Lingkungan bahasa merupakan salah satu elemen yang penting menuju akreditasi Internasional.

Ia melanjutkan, selain lingkungan bahasa (Bi’ah Lughawiyyah), kampus juga sebaiknya memiliki pusat bahasa yang memfasilitasi ujian bahasa asing baik bahasa Arab maupun bahasa asing lainnya.

Setelah paparan dari Dr. Waleed Waleed al-Sayyed Mohammed al-Sayed, dilanjutkan narasumber yang kedua, Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd. berkaitan dengan beberapa hal, diantaranya jurnal proseding perlu ditingkatkan sebagai upaya bersama untuk mengapresiasi serta memfasilitasi para pendidik yang produktif.

Narasumber ketiga yakni Prof. Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.Ag., mengatakan bahwa Rencana Pembelajaran Semester (RPS) perlu dilakukan penyeragaman sebagai ikhtiar bersama untuk meningkatkan kualitas mahasiswa serta Internasionalisasi Program Studi yang ada di kampus masing-masing. Kemudian dosen seyogyanya meningkatkan riset agar akreditasi lebih mudah.

Setelah paparan dari narasumber, dilanjutkan diskusi. Antusiasme peserta begitu terasa dalam diskusi ini membuktikan bahwa workshop ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat akademisi.

Setelah selesai kegiatan workshop, dilanjutkan kembali dengan penutupan rapat kerja Nasional IMLA. Beberapa point kesepakatan dihasilkan dalam penutupan rapat kerja Nasional tersebut, diantaranya tiap bidang dalam kepengurusan IMLA agar memaksimalkan ikhtiar hingga akhir kepengurusan berupa pengelolaan dalam sisi management baik secara administrasi yang profesional, digitalisasi management, pengembangan SDM berkelanjutan, kerjasama yang produktif serta sisi keuangan yang kuat dan mandiri dan point lainnya bahwa acara PINBA ke 13 serta Muktamar IMLA ketujuh akan dilaksanakan pada akhir bulan Juli 2023 di kampus UIN Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Acara diakhiri dengan penandatanganan kerjasama antara Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dengan IMLA Indonesia tentang Benchmark Workshop Akreditasi Internasional tahun 2022. Kemudian ditutup dengan photo bersama yang menandakan keakraban diantara peserta yang hadir.

About admin

Check Also

STIM Surakarta Mengadakan “Pelatihan Penilaian Angka Kredit untuk Dosen Ber-NIDN” (P.A.K)

Pembinaan dan pendampingan bagi dosen-dosen muda yang memiliki Nomor Induk Dosen Nasional ( NIDN ) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.