Home / UNIVERSITAS / SEMINAR / STIM Surakarta Menyelenggarakan “Seminar Nasional International Curriculum of Arabic Language for Islamic Education”

STIM Surakarta Menyelenggarakan “Seminar Nasional International Curriculum of Arabic Language for Islamic Education”

  • SEMINAR
  • REGISTRASI
GELAR SEMINAR KURIKULUM INTERNASIONAL BAHASA ARAB, PRODI PBA MENGHADIRKAN KETUA BIPA UIN MALANG

STIM SURAKARTA_ Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin (STIM) Surakarta mengadakan kegiatan dalam bentuk seminar yang berkaitan kurikulum Bahasa Arab dengan mengusung tema “International Curriculum Of Arabic Language For Islamic Education” di Room Meeting YPI Al-Mukmin pada hari Sabtu 28 Mei 2022.

Seminar ini diadakan untuk menambah pemahaman mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dalam memahami kurikulum Bahasa Arab. Kegiatan seminar ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari mahasiswa PBA STIM Surakarta, Dosen, alumni, serta guru Bahasa Arab baik yang hadir langsung di ruangan dan ada juga yang mengikuti melalui zoom meeting yang telah panitia sediakan. Hadir sebagai Narasumber dalam seminar ini, Dr. Hj. Dewi Chamidah, M.Pd., beliau merupakan dosen tetap UIN Sunan Maulana Ibrahim Malang yang juga Ketua BIPA UIN Malang.

Ketua STIM Surakarta, Sudarmadi Putra, M.Ud. dalam sambutannya menyambut baik dan mendukung terlaksananya seminar ini. Hal tersebut mengingat pentingnya Bahasa Arab dalam memahami agama Islam serta posisi Bahasa Arab yang penting dalam berkomunikasi. Selanjutnya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dr. Hj. Dewi Chamidah, M.Pd. yang telah berkenan menjadi narasumber dalam seminar ini.

Hadir sebagai Keynote Speaker dalam seminar ini, Anis Budiriyanto, M.Pd. yang juga Ketua Prodi PBA STIM Surakarta. Beliau menegaskan pentingnya memahami kurikulum internasional Bahasa Arab untuk kesuksesan proses pembelajaran serta memperoleh wawasan dan gambaran tentang kurikulum internasional Bahasa Arab. Beliau juga memperkenalkan sekilas tentang biodata Narasumber seminar kurikulum ini.

Selanjutnya beliau menegaskan bahwa posisi Bahasa Arab di Indonesia memiliki peran penting dalam konteks keislaman dan kebangsaan. Dalam mengkaji persoalan keislaman memerlukan kemampuan berbahasa Arab.


Dipandu oleh Lady Eka Rahmawati, M.Th.I., Dr. Hj. Dewi Chamidah, M.Pd, sebagai Narasumber seminar ini memaparkan materi dengan sangat rinci yakni diawali dengan konsep kurikulum. Menurut Dr. Hj. Dewi Chamidah, kurikulum perlu dievaluasi agar relevansi dan kualitas akademik terjaga karena kurikulum selalu mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman.

Selanjutnya, Dr. Hj. Dewi Chamidah memaparkan tentang kedudukan Bahasa Arab. Menurutnya, Bahasa Arab merupakan salah satu Bahasa di Dunia dari sepuluh Bahasa yang paling banyak penuturnya, Bahasa yang paling dekat dan banyak diserap oleh Bahasa Indonesia, memperkuat MEA dan Pasar Asia Pacific, Bahasa keilmuan dan peradaban, Bahasa tertua dan terkaya baik mufrodat (12.302.912) ataupun qawaidnya, dan terakhir bahasa paling konsisten di Dunia.

Diakhir seminar dikemukakan rekomendasi untuk melakukan usaha-usaha nyata dalam meningkatkan penguasaan Bahasa Arab bagi para guru Bahasa Arab dan generasi bangsa.
Berikut dokumentasi kegiatan seminar nasional.

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB STIM SURAKARTA MENYELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL

Dengan Tema:
INTERNATIONAL CURRICULUM OF ARABIC LANGUAGE FOR ISLAMIC EDUCATION

Halo sobat!
Memahami kurikulum internasional bahasa Arab menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik serta mahasiswa.

Mengatasi masalah tersebut, Prodi PBA STIM Surakarta ingin mengajak dan mengundang Saudara, bapak/ibu untuk hadir dalam Webinar “INTERNATIONAL CURRICULUM OF ARABIC LANGUAGE FOR ISLAMIC EDUCATION”
🤗😍.

Muncul pertanyaan siapa sih _speaker_nya?

Menghadirkan:
Narasumber:
DR. HJ. Dewi Chamidah, M.Pd.
Beliau merupakan salah seorang ketua Program Studi di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.

Acara insya Allah akan dilaksanakan pada:
Hari : Sabtu
Tanggal : 28 Mei 2022
Waktu : 08.00 WIB – 12.00 WIB
Media : Zoom Meeting

Adapun Benefit yang akan di dapat adalah:
✅ 📋E-Certificate (untuk peserta yang membayar Rp.10.000)
✅ 🔥Networking dan ilmu yang bermanfaat dari ahlinya
✅ 🔥Dapat mengerti dan memahami tentang kurikulum internasional bahasa Arab.

⏺️ Pendaftaran
📋Link Pendaftaran:
https://bit.ly/semnaspbastim2022

Topic: Seminar Bahasa Arab STIM Surakarta
Time: May 28, 2022 08:30 AM Jakarta

Join Zoom Meeting
https://us06web.zoom.us/j/84166218825?pwd=N2wvYm1oRThwcFJJRkw3Y2lwVUJLdz09

Meeting ID: 841 6621 8825
Passcode: 475820

✨PEMBAYARAN UNTUK E-CERTIFICATE✨
BANK SYARIAH INDONESIA (BSI): 763 763 4447
Kode Bank: 451
a.n STIM SURAKARTA

note: pembayaran hanya melalui rekening di atas dan setelah membayar, mohon share bukti pembayaran ke panitia.

✨CONTACT PERSON✨
http://wa.me/6285278588410 (Zainuddin)

About admin

Check Also

Prodi PBA STIM Surakarta Menghadiri Rapat Kerja Nasional IMLA INDONESIA & Workshop Akreditasi Internasional

Ciamis, 24-25 Juni 2022. Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin (STIM) Surakarta senantiasa berusaha meningkatkan pengembangan Sumber …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.