Home / Mimbar Dosen / 9 Tips agar Bisa Menemani Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam

9 Tips agar Bisa Menemani Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam

Tips Agar Bisa Menemani Rasulullah di Surga

  1. Mutaba’ah (mengikuti) & taat kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam


وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا

Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul-Nya, mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu : para nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang shalih. dan mereka Itulah teman yang sebaik-baiknya.” (QS. Al-Nisa’: 69)

2.    Mencintai Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam

  • أَنْتَ مَعَ مَنْ أَحْبَبْتَ

Engkau akan bersama dengan orang yang engkau cintai (di akhirat kelak).

3. Memperbanyak Shalat Sunnah

    فَأَعِنِّي عَلَى نَفْسِكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ

.” Beliau lalu bersabda, “Maka bantulah aku atas dirimu (untuk memohon kepada Allah agar memenuhi permintaanmu) dengan memperbanyak sujud (shalat)”.” (HR. Muslim)

4. Berakhlak Mulia

  • إِنَّ مِنْ أَحَبِّكُمْ إِلَيَّ وَأَقْرَبِكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَحَاسِنَكُمْ أَخْلَاقًا

Sesungguhnya orang yang paling saya cintai dan paling dekat majelisnya denganku di antara kalian hari kiamat kelak (di surga) adalah yang paling baik akhlaknya…“. (HR. Al-Tirmidzi dinyatakan shahih oleh Syaikh Al-Albani)

5. Memperbanyak Membaca Shalawat

  • أَوْلَى النَّاسِ بِي يَوْمَ القِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَيَّ صَلاَةً
  • Manusia yang paling utama (dekat) denganku hari kiamat kelak adalah yang paling banyak bershalawat atasku.” (HR. Al-Tirmidzi, dan disebutkan oleh Imam Bukhari dalam Adabul Mufrad)

6. Merawat, Menyantuni & Membantu Anak Yatim

  • أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا
  • Saya dan orang yang merawat anak yatim di surga kelak seperti ini,” seraya beliau mengisyaratkan jari tengah dan telunjuknya lalu merenggangkan keduanya.” (HR. Muttafaq ‘Alaih)

7. Memperbanyak Do’a

  • اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ إِيمَانًا لَا يَرْتَدُّ، وَنَعِيمًا لَا يَنْفَدُ، وَمُرَافَقَةَ مُحَمَّدٍ فِي أَعْلَى جَنَّةِ الْخُلْدِ
  • Ya Allah saya meminta kepada-Mu keimanan yang tidak akan berubah dengan kemurtadan, kenikmatan yang tiada putus, dan (aku memohon kepada-Mu) agar menjadi pendamping Muhammad shallallahu’alaihi wasallam di derajat tertinggi dari surga yang kekal.” (HR. Ahmad dengan sanad shahih. Syaikh Al-Albani menyatakan isnadnya hasan)

8. Melaksanakan Rukun Islam

  • جاء رجلٌ إلى النبيِّ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ فقال يا رسولَ اللهِ شهدتُ أن لا إله إلا اللهُ وأنك رسولُ اللهِ وصلَّيتُ الخمسَ وأدَّيتُ زكاةَ مالي وصمتُ رمضانَ فقال النَّبيُّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ من مات على هذا كان مع النَّبيِّين والصدِّيقينَ والشُّهداءِ يومَ القيامةِ هكذا ونصب اصبعَيه ما لم يَعقَّ والدَيه
  • “Seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu berkata : “Wahai Rasulullah, aku telah bersaksi bahwasanya tidak ada sesembahan selain Allah dan sesungguhnya engkau adalah utusan Allah. Aku telah shalat 5 waktu, menunaikan zakat hartaku dan berpuasa di bulan Ramadhan”. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang mati atas dasar ini maka ia akan bersama dengan para Nabi, para shiddiqin dan para syuhada pada hari kiamat seperti ini – sambil mengacungkan 2 jari – selagi ia tidak durhaka kepada kedua orang tuanya” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban, lihat Shahiihut Targhiib wat Tarhiib no.2515).

9. Mempunyai dan Mendidik anak Perempuan

مَنْ عَالَ جَارِيَتَيْنِ حَتَّى تَبْلُغَا، جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَنَا وَهُوَ» وَضَمَّ أَصَابِعَهُ

Siapa yang menanggung nafkah dua anak perempuan sampai baligh, maka pada hari kiamat, antara saya dan dia seperti ini. Beliau menggabungkan jari-jarinya. (Muslim )

Penulis : Sudarmadi Putra, M.Ud

Penerbit : STIM Press

About admin

Check Also

One Day One Nasihat from Mudir STIM #14

على العاقل أن يكثر من النوافل‏مــــا دام في حــــــال الصحـــة‏لأن جميـــع النوافل التي يعملها‏في صحتـــــه …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *